PROSES PRODUKSI II
PROSES PENGECORAN
MEMBUAT PIRINGAN CAKRAM
NAMA: MOHAMAD PEBRIYANSYAH
NPM: G1C019010
DOSEN PENGAMPUH: A. SOFWAN FA, S.T, M. Tech, Ph. D
TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BENGKULU
2020
PROSES PENGECORAN
Pembuatan Piringan Cakram (Disc Brake) MOBIL
Unknown 7:57 PM
Teori Dasar
Gambar 1.1 Piringan Cakram
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbF6xx47Bq2NmrARyN-x6K2UFEv9Q3M_G8H5KVLhzKzEZeV2orOPea-32_gUIrApJY5xfCAq95EhtiNBgFfXIKRNju5xowhOgatxxbzI22T4y9X52h6EJZSMc0s1bu3nW666xhi2Z8gebG/s1600/index.jpg
Disc brake atau rem disk adalah perangkat untuk memperlambat atau menghentikan rotasi roda. Sebuah rem disk (atau rotor dalam bahasa Inggris Amerika) biasanya terbuat dari besi cor , tetapi mungkin dalam beberapa kasus dibuat dari komposit seperti diperkuat karbon-karbon atau komposit matriks keramik . Ini terhubung ke roda dan / atau poros . Untuk menghentikan roda, bahan gesekan dalam bentuk bantalan rem , terpasang pada alat yang disebut caliper rem, dipaksa secara mekanis, hidrolik , pneumatik atau elektromagnetik terhadap kedua sisi disc. Gesekan menyebabkan disk dan roda terpasang untuk memperlambat atau menghentikan . Rem mengkonversi gerak terhadap panas, dan jika rem terlalu panas, mereka menjadi kurang efektif, fenomena yang dikenal sebagai memudar rem .
Rem Disk dikembangkan pada awal abad kesembilan belas, tetapi kelemahan dalam desain sistem disk rem terus memasuki penggunaan mainstream. Masalah yang paling sulit diatasi adalah perpindahan panas, atau ketidakmampuan disk untuk mendistribusikan panas gesekan efektif. Masalah ini disebut fade rem dan ternyata umum pada model awal rem disk. Lebih jauh, karena jalan sekitar waktu itu masih primitif dan tak beraspal, kotoran dan debu sering datang dalam kontak dengan sistem rem disk, mengurangi kekuatan dan efektivitas rem dan sering menimbulkan keausan dini dari komponen individu.
Masalah-masalah ini akhirnya diselesaikan dengan menggunakan bahan komposit yang panas didistribusikan secara lebih efektif dan kurang rentan terhadap keausan cepat. Metode lain untuk memecahkan masalah panas dan kotoran termasuk lubang pengeboran pada rotor itu sendiri, yang memungkinkan panas untuk membubarkan lebih efektif dan kotoran dan pasir melewati tanpa mempengaruhi kinerja rem untuk gelar besar.
2. Gambar Sketsa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgdVbFV7WWZOSCExIEbrmAUl59so4RuFBmly_jpE67apzKWA9fk2AAxawzqNg-z8Ns_6oUqHZgLoZa9tsi0b0xncbBFs5rSebz8DtuE_YjiEkCDQkAkhMkjZpXhpfQBzBBCDapT0mxgFIs/s1600/seketsa+piringan+cakram.png
Gambar 2.1 Sketsa Disk Brake
3. Gambar Teknik
4. Spesifikasi Produk
· Ukuran:
Diameter : 336 mm
Height : 67.2 mm
· Pitch Circle Diameter : 139.7 mm
· Num. of holes : 5
· Style : Full Cast
· Jenis material : Besi cor Kelabu
AISI 1040
Komposisi Kimia
No.
Unsur
Persentase (%)
1
C
0.37 – 0.44
2
Mn
0.60-0.90
3
P
0.04 (max)
4
S
0.05 (max)
Mechanical Properties
Thermal Properties
5. Proses Pembuatan Coran
5.1 Jenis Coran
Low Pressure Die Casting
Dalam Low Pressure Die Casting, logam cair dimasukan kedalam krus tertutup kemudian dialirkan gas (Biasanya udara tekan) yang bertekanan rendah dibawah 1 atmosfer sehingga tekanan terjadi pada permukaan logam. Maka logam akan terdorong keatas melalui pipa pengisi dan masuk kedalam cetakan yang sipasang sebelah atas, dengan demikian terbentuklah coran. Umumnya untuk memproduksi komponen yang memiliki kesimetrisan terhadap sumbu putar. Cetakan yang digunakan cetakan logam dan cara ini banyak digunakan untuk pengecoran Alumunium, Besi cor kelabu dan besi cor nodular
Keuntungan Low Pressure Die Casting diantaranya :
· Tidak banyak logam yang terbuang
· Permukaan coran sangata halus dengan ketelitian ukuran sangat baik
· Dapat digunakan untuk produksi masal
Gambar 5.1 Skema Proses Low-Pressure Die Casting
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsYTEyTYctl62mkSchXM7SWJdIMxI91aTz404Y67vbphQP5VV6H7HREyaW9lV3EOFyQ8GBVQH-kHx3GPTpBCHUND0gyBTQVQNOSM8ilSu9np_HvlJtSGvsoz2YUQiYXZs0ZUc0VZbRnYAy/s1600/4.
5.2. Jenis Cetakan
· Cetakan Logam
Daftar Pustaka
Tata Sudira., Ir. M.S.Met.E., Kenji Chijiwa. Dr., “Teknik Pengecoran Logam” , PT. Pradanya Paramita., Jakarta., 1996.
http://www.steelexpress.co.uk/engineeringsteel/AISI-1040.html
http://www.efunda.com/materials/alloys/carbon_steels/show_carbon.cfm?ID=AISI_1040&prop=all&Page_Title=AISI%201040
http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&rurl=translate.google.co.id&twu=1&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Cast_iron&usg=ALkJrhhWv3pfhfG_pDkuAULk1_pMEEWmmA
http://www.scribd.com/doc/49944108/35867814-PIRINGAN-CAKRAM
http://www.alibaba.com/product-gs/494811843/US_Car_Brake_Disc_American_Car/showimage.html
0 komentar:
Posting Komentar