Minggu, 04 Oktober 2020

TUGAS PP2 PEKAN4 PROSES PENGECORAN

 PROSES PRODUKSI II

PROSES PENGECORAN 

MEMBUAT PIRINGAN CAKRAM

NAMA: MOHAMAD PEBRIYANSYAH

NPM: G1C019010

DOSEN PENGAMPUH: A. SOFWAN FA, S.T, M. Tech, Ph. D


TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS BENGKULU

2020

PROSES PENGECORAN


Pembuatan Piringan Cakram (Disc Brake) MOBIL

 Unknown  7:57 PM



Teori Dasar


Gambar 1.1 Piringan Cakram



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbF6xx47Bq2NmrARyN-x6K2UFEv9Q3M_G8H5KVLhzKzEZeV2orOPea-32_gUIrApJY5xfCAq95EhtiNBgFfXIKRNju5xowhOgatxxbzI22T4y9X52h6EJZSMc0s1bu3nW666xhi2Z8gebG/s1600/index.jpg



Disc brake atau rem disk adalah perangkat untuk memperlambat atau menghentikan rotasi roda. Sebuah rem disk (atau rotor dalam bahasa Inggris Amerika) biasanya terbuat dari besi cor , tetapi mungkin dalam beberapa kasus dibuat dari komposit seperti diperkuat karbon-karbon atau komposit matriks keramik . Ini terhubung ke roda dan / atau poros . Untuk menghentikan roda, bahan gesekan dalam bentuk bantalan rem , terpasang pada alat yang disebut caliper rem, dipaksa secara mekanis, hidrolik , pneumatik atau elektromagnetik terhadap kedua sisi disc. Gesekan menyebabkan disk dan roda terpasang untuk memperlambat atau menghentikan . Rem mengkonversi gerak terhadap panas, dan jika rem terlalu panas, mereka menjadi kurang efektif, fenomena yang dikenal sebagai memudar rem .


Rem Disk dikembangkan pada awal abad kesembilan belas, tetapi kelemahan dalam desain sistem disk rem terus memasuki penggunaan mainstream. Masalah yang paling sulit diatasi adalah perpindahan panas, atau ketidakmampuan disk untuk mendistribusikan panas gesekan efektif. Masalah ini disebut fade rem dan ternyata umum pada model awal rem disk. Lebih jauh, karena jalan sekitar waktu itu masih primitif dan tak beraspal, kotoran dan debu sering datang dalam kontak dengan sistem rem disk, mengurangi kekuatan dan efektivitas rem dan sering menimbulkan keausan dini dari komponen individu.


Masalah-masalah ini akhirnya diselesaikan dengan menggunakan bahan komposit yang panas didistribusikan secara lebih efektif dan kurang rentan terhadap keausan cepat. Metode lain untuk memecahkan masalah panas dan kotoran termasuk lubang pengeboran pada rotor itu sendiri, yang memungkinkan panas untuk membubarkan lebih efektif dan kotoran dan pasir melewati tanpa mempengaruhi kinerja rem untuk gelar besar.

 

2. Gambar Sketsa



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgdVbFV7WWZOSCExIEbrmAUl59so4RuFBmly_jpE67apzKWA9fk2AAxawzqNg-z8Ns_6oUqHZgLoZa9tsi0b0xncbBFs5rSebz8DtuE_YjiEkCDQkAkhMkjZpXhpfQBzBBCDapT0mxgFIs/s1600/seketsa+piringan+cakram.png



Gambar 2.1 Sketsa Disk Brake 


3. Gambar Teknik

4. Spesifikasi Produk

·         Ukuran:

Diameter                     : 336 mm

Height                         : 67.2 mm

·         Pitch Circle Diameter   : 139.7 mm

·         Num. of holes              : 5

·         Style                            : Full Cast

·         Jenis material               : Besi cor Kelabu


AISI 1040

Komposisi Kimia

No.

Unsur

Persentase (%)

1

C

0.37 – 0.44

2

Mn

0.60-0.90 

3

P

0.04 (max)

4

S

0.05 (max)


Mechanical Properties





Thermal Properties 




5. Proses Pembuatan Coran 

5.1 Jenis Coran

Low Pressure Die Casting

Dalam Low Pressure Die Casting, logam cair dimasukan kedalam krus tertutup kemudian dialirkan gas (Biasanya udara tekan) yang bertekanan rendah dibawah 1 atmosfer sehingga tekanan terjadi pada permukaan logam. Maka logam akan terdorong keatas melalui pipa pengisi dan masuk kedalam cetakan yang sipasang sebelah atas, dengan demikian terbentuklah coran. Umumnya untuk memproduksi komponen yang memiliki kesimetrisan terhadap sumbu putar. Cetakan yang digunakan cetakan logam dan cara ini banyak digunakan untuk pengecoran Alumunium, Besi cor kelabu dan besi cor nodular

 

Keuntungan Low Pressure Die Casting diantaranya :

·         Tidak banyak logam yang terbuang

·         Permukaan coran sangata halus dengan ketelitian ukuran sangat baik

·         Dapat digunakan untuk produksi masal



Gambar 5.1 Skema Proses Low-Pressure Die Casting



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsYTEyTYctl62mkSchXM7SWJdIMxI91aTz404Y67vbphQP5VV6H7HREyaW9lV3EOFyQ8GBVQH-kHx3GPTpBCHUND0gyBTQVQNOSM8ilSu9np_HvlJtSGvsoz2YUQiYXZs0ZUc0VZbRnYAy/s1600/4.




5.2. Jenis Cetakan

·         Cetakan Logam

 


Daftar Pustaka


Tata Sudira., Ir. M.S.Met.E., Kenji Chijiwa. Dr., “Teknik Pengecoran Logam” , PT. Pradanya Paramita., Jakarta., 1996.


http://www.steelexpress.co.uk/engineeringsteel/AISI-1040.html


http://www.efunda.com/materials/alloys/carbon_steels/show_carbon.cfm?ID=AISI_1040&prop=all&Page_Title=AISI%201040


http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&rurl=translate.google.co.id&twu=1&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Cast_iron&usg=ALkJrhhWv3pfhfG_pDkuAULk1_pMEEWmmA


http://www.scribd.com/doc/49944108/35867814-PIRINGAN-CAKRAM


http://www.alibaba.com/product-gs/494811843/US_Car_Brake_Disc_American_Car/showimage.html




0 komentar:

Posting Komentar