Senin, 12 Oktober 2020

TUGAS 4 PENGECORAN PROSES PRODUKSI 2 ( ENOS MANURUNG G1C019060 )

  PROSES PRODUKSI II

    PROSES PRANCANGAN PEMBUATAN KNALPOT



                                  

 

Disusun Oleh :

NAMA : ENOS MANURUNG

NPM : G1C019060


  Dosen Pengampu : 1. A.Sofwan FA,S.T,M.Tech.,Ph.D

                              2. Putra Bismantolo, S.T.,M.T.



PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS BENGKULU

TAHUN 2020



1. jenis pengecoran
jenis pengecoran yang saya di pilih adalah permanen mold casting ( cetakan permanen )
Permanent mold casting adalah pembuatan logam cetakan yang dicampurkan dengan tekanan hidrostastik. Pengecoran permanen adalah cetakan yang dapat dipakai berulang-ulang dan biasanya dibuat dari logam. Cetakan permanen yang digunakan adalah cetakan logam yang biasanya digunakan pada pengecoran logam dengan suhu cair rendah. Cetakan ini terdiri atas dua atau lebih bagian yang digabung dengan sekrup, klam, plat atau alat lainnya yang bisa dilepas setelah produk mengeras. Pada umumnya, permanent molds dibuat dari close-grain dan dijepit satu sama lain. Cetakan ini biasanya dilapisi dengan bahan perekat tahan panas (heatresistingwet mixture) dan jelaga yang akan menahan cetakan agar tidak lengket dan mengurangi efek dingin kepada logam. Permanent mold casting mempunyai hasil ahir permukaan yang bagus dan detail yang tajam. Diperoleh keseragaman hasil dengan berat 1 ons sampai 50 pound. Toleransinya berkisar dari 0,0025 inchi sampai 0,010 inchi.
kelebihan :
    - Bisa produksi massal
    - Cetakan dapat dipakai berulang kali
    - Dalam operasinya tidak diperlukan tenaga ahli
    - Ketelitian produk lebih baik daripada sand casting
    - Tidak memerlukan proses lanjutan
kekurangan :
    - Harga cetakan terlalu mahal
    - Perlu perhitungan yang harus tepat saat membuat cetakan
    - cetakan hanya untuk satu macam produk saja
    - ukuran produk tidak besar dan sederhana
    - tidak dapat mengecor baja


2. jenis logam produk
Besi cor ductile
pada dasar nya besi cor ulet dikenal sebagai besi cor nodular. Besi cor ini merupakan besi cor yang telah mengalami perlakuan dalam kondisi cair untuk menciptakan karbon bentuk grafit menjadi nodul pada kondisi as-cast. Besi cor grafit bulat dibuat dengan mencampur magnesium (Mg), kalsium (Ca) atau cerium (Ce) ke dalam cairan logam sehingga grafit akan tersimpan. Besi cor bergrafit bulat ini mempunyai kekuatan, keuletan, ketahanan aus dan ketahanan.


3. jenis cetakan
saya milih jenis cetakan vacuum permanent mold casting karena vacuum permanent mold casting merupakan variasi dari pengecoran bertekanan rendah di mana vakum digunakan untuk menarik logam cair ke dalam rongga cetakan. Secara umum proses vacuum permanent mold casting mirip dengan proses pengecoran bertekanan rendah. walaupun keduanya mirip dan juga memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah tekanan udara yang berkurang dalam cetakan digunakan untuk menarik logam cair ke dalam rongga, bukan memaksa atau mendorong logam cair dengan tekanan udara lebih besar. Ada beberapa kelebihan teknik pengecoran vakum dibanding dengan pengecoran bertekanan rendah. Kelebihannya antara lain porositas udara berkurang dan kekuatan mekanis produk besar.



4. buat gambar tekink untuk geometri produk

sumber dari : https://www.otoinfo.id/mau-desain-knalpot-boom-begini-caranya/

Panjang (l) : 395 mm
Diameter luar (d1) : 100 mm
Diameter dalam (d2) : 80 mm
Volume ruang gas buang = 7.536.000 mm3
sumber : https://i.ytimg.com/vi/ScFxyZqjMGA/maxresdefault.jpg

5. pola cetakan coran
Pola adalah bentuk tiruan dari benda kerja yang sebenarnya dan digunakan untuk membuat rongga cetakan.adapun yang harus diperhatikan dalam pembuatan pola yaitu
    -Pola harus mudah dikeluarkan dari cetakan.
    -Penempatan inti harus mudah.
    -Sistem saluran harus dibuat sempurna untuk mendapatkan aliran logam cair yang optimum.
    -Penentuan permukaan pisah sehemat mungkin dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

HASIL AKHIR

Knalpot yaitu perangkat untuk mengurangi polusi udara yang dikeluarkan oleh knalpot mesin pembakaran terutama perangkat peredam bising yang membentuk bagian dari sistem pembuangan motor.

Efek samping yang tidak dapat ditolak dari pengurangan keberisikan ini adalah terhambatnya aliran gas buang, yang menimbulkan tekanan balik, yang dapat menurunkan efisiensi mesin. Ini karena knalpot mesin harus berbagi jalur keluar kompleks yang sama yang dibangun di dalam knalpot dengan tekanan suara yang dirancang untuk dikurangi oleh knalpot.


H






0 komentar:

Posting Komentar